Monday, March 06, 2006

Sronokil

Pagi-pagi, makan pagi
Siang-siang, bobo siang
Sore-sore, jalan sore
Malam-malam, doa malam
Hore, Hore
Yihi, yihi,
Hop, hop
Semua gembira
Semua bahagia

Itu lagu kesayangan Sronokil. Dia selalu menyanyikan lagu itu. Di halaman, jalan, kamar tidur, di lapangan, di mana-mana. Saking sering dia bernyanyi dan bersenandung, semua orang yang mengenalnya jadi ikut menghafal lagu ini.

Sronokil punya banyak lagu. Dia senang menciptakan lagu. Irama lagu-lagunya riang. Liriknya mudah diingat. Anak-anak cepat menghafal lagu-lagunya karena Sronokil selalu bernyanyi dengan gerakan.

Tinggi Sronokil seperti anak kelas dua SD. Tubuhnya gempal dan bulat seperti guling. Dia memakai baju dan celana berwarna kuning yang penuh dengan saku. Dia memakai topi bulat dengan tulisan SRONOKIL. Dia punya tiga pasang baju yang sama.

Sronokil tinggal di rumah lipat. Rumahnya seukuran rumah boneka. Tapi, semua anak bisa masuk. Mereka bisa mengambil bantal, kursi dan meja lipat di saku gede yang ada di sisi kanan pintu. Kantong ajaib memuat banyak barang. Mulai dari selimut hingga selai untuk menyemir roti. Sebut saja benda yang diinginkan, masukan tangan ke kantong dan kita akan menemukan benda itu.

Rumah lipatnya sering berganti warna. Jika musim panas, warnanya merah ke jingga. Waktu hujan, Sronokil tidur di rumah yang berwarna biru cerah. Saat banyak angin, rumahnya berubah warna hijau.

Sronokil tinggal sendirian. Dia tidak punya kakak dan adik. Orang tuanya juga tidak ada. Tapi, semua orang ingin menjadi adik, kakak, papa, mama, om, tante, opa, oma, Sronokil. Sronokil juga selalu menyapa mereka dengan nama, kakak, papa, mama, om, tante, oma, opa.

Semua orang menyayangi Sronokil. Meski kadang-kadang Sronokil usil dan tidak menepati janji.

Sronokil bernyanyi lagi...

Sronokil itu namaku
Rumah lipat tempat tinggalku
Bantal guling bentuk tubuhku

Sronokil itu namaku
Punya saku gede
Punya banyak lagu

Sronokil itu namaku
Tidak pernah sendirian
Disayang meski kadang usil

2 Comments:

At 11:47 PM, Blogger zaky muzakir said...

bagus banget. a little dream of me. udah lama gak baca tulisan kayak begini. take me to neverland tinaaa

 
At 11:53 PM, Blogger tinneke said...

beneran zaki???
g lagi belajar neh, bantuku untuk bermimpi lagi...

 

Post a Comment

<< Home